Tingkatkan Pemahaman Kemenkumham Malut Ikuti Sosialisasi Pelaksanaan Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia P2HAM

WhatsApp_Image_2024-01-24_at_16.49.21_5d93564d.jpg

 

Ternate, Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia (Ditjen HAM) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI No 25 Tahun 2023 tentang Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia, Sosialisasi ini dilakukan Dalam rangka diterbitkannya Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI No 25 Tahun 2023 tentang Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia (P2HAM). Rabu (24/01/2024).

 

Kegiatan yang dilaksanakan melalui media zoom meeting ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara (Kemenkumham Malut), Ignatius Purwanto,Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Aisyah Lailiyah serta Kepala Subbidang Pemajuan HAM, Teguh Firmanto.

 

Dipimpin langsung oleh Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM, Suwardani, beliau menyampaikan beberapa poin tentang Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia (P2HAM) dimana Prinsip Hak Asasi Manusia itu sendiri yaitu bersifat universal yang berarti Hak Asasi Manusia haruslah diberikan kepada semua orang, tanpa terkecuali, Non-Diskriminatif dimana Hak asasi milik setiap orang tanpa pembedaan berdasarkan apapun. Setara yang berarti semua orang memiliki kesetaraan di hadapan dan dibawah hukum sehingga harus diperlakukan dengan setara, Martabat Manusia, setiap individu patut dihargai dan dijunjung tinggi, saling tergantung (interdependent) setiap hak yang terkandung dalam hak asasi manusia, saling tergantung sehingga tidak berdiri sendiri.

 

Lebih lanjut Suwardani menjelaskan bahwa tujuan dari P2HAM adalah untuk mewujudkan pelayanan publik uynit kerja yang berpedoman dalam prinsip HAM, untuk mewujudkan unit kerja yang memberikan pelayanan publik yang tidak diskriminatif, cepat, tepat dan berkualitas serta untuk mewujudkan kepastian dan kepuasan penerima layanan, serta penguatan akuntabilitas kinerja atas layanan publik yang diberikan.

 

DI samping itu, ada 3 target lingkungan yang menjadi sasaran P2HAM yang diantaranya Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Nomor 25 Tahun 2023 Tentang Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia (P2HAM) Di Lingkungan Kementerian/Lembaga Nomor: HAM-05.HA.03.01 Tahun 2023, Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Nomor 25 Tahun 2023 Tentang Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia (P2HAM) Di Lingkungan Pemerintah Daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota) Nomor: HAM-06.HA.03.01 Tahun 2023 dan Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Nomor 25 Tahun 2023 Tentang Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia (P2HAM) Di Lingkungan Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Nomor: HAM-07.HA.03.01 Tahun 2023.

 

(Humas Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi)

WhatsApp_Image_2024-01-24_at_16.49.22_a296c4c9.jpg

 

 

 

 

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
PROVINSI MALUKU UTARA
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Cengkeh Afo No.40, Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI MALUKU UTARA


  twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Jl. Cengkeh Afo No.40 , Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Prov. Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI