Peraturan Bupati Kepulauan Taliabu Tentang Batas Desa Digodok, Kemenkumham Malut Fasilitasi Melalui Harmonisasi

Ternate – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Taliabu tengah menyusun Rancangan Peraturan Kepala Daerah (Ranperkada) tentang batas desa. Kanwil Kemenkumham Malut dalam hal ini mewadahi Pemkab Kepulauan Taliabu dalam melakukan harmonisasi agar tidak terjadi disharmoni produk hokum dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.

Kakanwil Kemenkumham Malut Ignatius Purwanto melalui Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM, Aisyah Lailiyah menyampaikan, pembagian wewenang antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan penataan ruang dimaksudkan untuk memberikan kejelasan tugas dan tanggung jawab masing-masing.

“Tata ruang wilayah negara di daerah berkaitan dengan tertib administrasi dan kepastian hukum. Pada wilayah desa, maka tertib administrasi dan kepastian hukum sangat diperlukan dalam perencanaan dan pembangunan serta pemanfaatan wilayah desa,” tutur Aisyah saat memimpin rapat bersama SKPD Setda Kabupaten Pulau Taliabu dan SKPD Setda Provinsi Malut yang digelar di Aula Gamalama,, Selasa (19/12/2023).

Harmonisasi terhadap produk hukum daerah Pemkab Kepulauan Taliabu kata Aisyah, penting dilakukan untuk memberikan kepastian hukum bagi masyarakat agar tidak terjadi perbedaan penafsiran dalam pelaksanaannya.

Untuk diketahui, Pemkab Kepulauan Taliabu saat ini menyiapkan Rancangan Peraturan Bupati Tentang Peta Batas Desa yang merupakan prioritas dalam proses Pembangunan di desa. Kanwil Kemenkumham Malut melalui Subbidang Fasilitasi Produk Hukum Daerah memfasilitasi proses pembentukan produk hukum dengan melakukan harmonisasi, pembulatan, dan pemantapan konsepsi.

Hal tersebut didasari atas amanat Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011.

(Humas, Reformasi Birokrasi, dan Teknologi Informasi)

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
PROVINSI MALUKU UTARA
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Cengkeh Afo No.40, Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI MALUKU UTARA


  twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Jl. Cengkeh Afo No.40 , Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Prov. Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI