Pastikan berjalan aman dan lancar, Kanwil Kumham Malut Pantau pelaksanaan Pemilu 2024 di Lapas/Rutan Se-kota Ternate

KEGIATAN 14 02 2024 1

 

Ternate,- Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku Utara (Malut), Hensah, melakukan kunjungan dan pemantauan langsung terhadap pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) dan Rumah Tahanan (RUTAN) se kota Ternate.

 

Di hadiri langsung oleh masyarakat luar yaitu Saksi-saksi dari TIM Pemenang, Media Online, Tim pengamanan TNI/POLRI dan Ombudsman, dan kunjungan ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan bahwa hak suara para narapidana dan tahanan di institusi pemasyarakatan tetap terjaga dan dapat dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, dan Hensah berharap agar setiap warga binaan yang memiliki hak pilih dapat melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara dengan baik.

 

Kakanwil, Ignatius Purwanto menghimbau seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Malut agar dapat menunaikan hak pilihnya pada pemilu 2024 dengan baik. Selain itu, patut menjunjung netralitas ASN guna mendukung pemilu yang aman dan damai. Adapun narapidana dan anak didik pemasyarakatan yang memiliki hak pilih sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan patut menggunakan hak pilihnya dalam pemilu 2024.

 

Selama kunjungan, Hensah meninjau proses pelaksanaan pemungutan suara. Dalam arahannya, beliau menegaskan pentingnya menjaga proses Pemilu yang bersih, adil, dan transparan di lingkungan pemasyarakatan.

 

"Pemilihan Umum adalah momen penting dalam demokrasi kita. Semua warga negara, termasuk mereka yang berada di balik jeruji besi, memiliki hak dan tanggung jawab untuk berpartisipasi dalam memilih pemimpinnya. Kita harus memastikan bahwa proses ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi," ujarnya

 

Selain itu, beliau juga menekankan pentingnya menghindari segala bentuk pelanggaran aturan selama proses Pemilu. Pengawasan yang ketat dan sinergi antara instansi terkait diharapkan dapat menghasilkan pelaksanaan Pemilu yang aman dan lancar.

 

“Saya berterima kasih kepada seluruh petugas yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh. Kita bersama-sama berkontribusi untuk melaksanakan Pemilu yang berkualitas di tengah-tengah kondisi yang mungkin tidak selalu mudah," tambahnya.

 

Beliau juga meninjau fasilitas pemilihan suara, pengecekan kelengkapan surat suara, dan dialog bersama narapidana yang menyampaikan apresiasi atas kesempatan untuk ikut serta dalam proses demokrasi.

 

Harapannya proses Pemilu di LAPAS/RUTAN Kota Ternate dapat berlangsung dengan lancar dan memberikan kesempatan setiap warga binaan untuk berpartisipasi aktif dalam menentukan arah bangsa melalui hak suaranya.

 

(Humas, Reformasi Birokrasi, dan Teknologi Informasi)

 

 

 

KEGIATAN 14 02 2024 5

 

KEGIATAN 14 02 2024 5

 

KEGIATAN 14 02 2024 5

 

KEGIATAN 14 02 2024 5

 

 

 

 

 

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
PROVINSI MALUKU UTARA
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Cengkeh Afo No.40, Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI MALUKU UTARA


  twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Jl. Cengkeh Afo No.40 , Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Prov. Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI