Kanwil Kemenkumham Malut Laksanakan Kegiatan Operasi Mandiri Terhadap Orang Asing di Kabupaten Halmahera Barat

KEGIATAN 23 11 2023 KEGIATAN DIVIM 1

 

Jailolo,- Dalam upaya untuk meningkatkan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di Kabupaten Halmahera Barat, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara (Kanwil Kemenkumham Malut), melaksanakan Operasi Mandiri Keimigrasian. Operasi ini merupakan langkah proaktif untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan ketentuan terkait tinggal dan kegiatan orang asing di wilayah tersebut.

 

Operasi Mandiri Keimigrasian ini dilakukan sebagai respons terhadap dinamika keberadaan orang asing yang semakin kompleks. Langkah-langkah pengawasan yang ditingkatkan dan penegakan hukum menjadi fokus utama operasi ini.

 

Kegiatan Operasi Mandiri Keimigrasian di PT. Dewa Agricoco Indonesia Desa Goal Kec. Sahu Timur Kabupaten Halmahera Barat dan Sabua Gaba Desa Guaemaadu Kec. Jailolo merupakan salah satu bentuk pengawasan terhadap keberadaan Warga Negara Asing(WNA) yang berada diwilayah kerja Divisi Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kabid Inteldakim didampingi Kasubbid Intelkim, Kasubbid Dakim dan Staf JFU 3 Orang.

 

Diterima langsung oleh, Rino Muchsin Pesik, Supervisor di PT. Dewa Agricoco Indonesia, perusahaan yang bergerak dalam produksi tepung Kelapa, Minyak Goreng, Virgin Coconut Oil (VCO), serta Breket. Perusahaan ini telah beroperasi selama 2 tahun.

 

Selanjutnya, Tim Divisi Imigrasi melakukan pengawasan terhadap Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di PT. Dewa Agricoco Indonesia dengan melakukan pembicaraan bersama Direksi dari PT. Dewa Agricoco Indonesia, Mr. Mickael Pike seorang WNA berkebangsaan Inggris serta memeriksa paspor dan izin tinggal yang dimiliki oleh Tenaga Kerja Asing(TKA) di PT. Dewa Agricoco Indonesia.

 

Diketahui bahwa PT. Dewa Agricoco Indonesia juga memberdayakan karyawan lokal sebanyak 136 orang. Perusahaan ini tidak hanya mengandalkan tenaga kerja asing, tetapi juga memberikan peluang pekerjaan kepada masyarakat lokal. Selain itu, bahwa PT. Dewa Agricoco Indonesia aktif membeli kelapa dari masyarakat setempat.

 

Disamping itu, Tim Divisi Imigrasi melakukan pengawasan di Villa Gaba. Di tempat tersebut, tim menemukan tiga orang WNA yang tengah menginap dan merupakan satu keluarga.

Keluarga tersebut sedang melakukan perjalanan wisata ke Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat. Tim Divisi Imigrasi bertugas untuk memastikan bahwa kegiatan para WNA tersebut sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.
Upaya pengawasan ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban serta memastikan bahwa kunjungan wisata mereka berlangsung sesuai dengan ketentuan imigrasi yang berlaku.

 

KEGIATAN 23 11 2023 KEGIATAN DIVIM 4

 

KEGIATAN 23 11 2023 KEGIATAN DIVIM 4

 

KEGIATAN 23 11 2023 KEGIATAN DIVIM 4

 

 

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
PROVINSI MALUKU UTARA
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Cengkeh Afo No.40, Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI MALUKU UTARA


  twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Jl. Cengkeh Afo No.40 , Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Prov. Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI