M Adnan Sampaikan Kekayaan Intelektual Malut Dorong Poros Baru Ekonomi via Intellectual Property & Tourism

22 09 2023

 

Ternate- Maluku Utara (Malut) merupakan wilayah dengan kekayaan intelektual (KI) melimpah. Jumlah KI komunal seperti ekspresi budaya tradisional, pengetahuan tradisional, sumber daya genetik, dan potensi indikasi geografis di Malut merupakan tertinggi di seluruh Indonesia.

 

Hal itu disampaikan Kakanwil Kemenkumham Malut, M. Adnan saat menyampaikan laporan kegiatan di hadapan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly, yang turut hadir bersama Kepala Biro Umum Setjen Kemenkumham RI, para Pejabat Pimpi Pratama, Kepala UPT dan seluruh jajaran Kemenkumham Malut.

 

“Jumlah permohonan KI komunal Maluku Utara pada DJKI Kemenkumham terbanyak di Indonesia. Ini potensi besar untuk mendorong poros baru ekonomi melalui intellectual property dan tourism,” ujar M. Adnan, bertempat di Royal Resto, Kamis (22/09/2023).

 

Capaian pendaftaran KI komunal membuat Kanwil Kemenkumham Malut dalam beberapa tahun terakhir mendapatkan ragam penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM.

 

Berdasarkan data per September 2023, ungkap M. Adnan, jumlah permohonan KI Komunal di Maluku Utara pada pangkalan data DJKI (Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual) sebanyak 423 dari 10 Kabupaten/Kota yang ada di Maluku Utara.

 

“Sementara jumlah permohonan KI personal seperti hak cipta, merek, paten, indikasi geografis, dan desain industri sebanyak 1.131. Ini terus kami dorong untuk terjadi peningkatan,” tambah M. Adnan.

 

Setelah laporan M. Adnan, pada kesempatan yang sama Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly memberikan arahan penguatan pelaksanaan tugas dan fungsi kepada seluruh jajaran.

 

Yasonna menyampaikan apresiasi atas berbagai capaian Kanwil Kemenkumham Malut terutama dalam mendorong peningkatan KI khususnya KI komunal.

 

“Tadi saya mencatat saat pengarahan pak Kakanwil bahwa Ki komunal di Malut terbanyak di Indonesia. ini patut dipertahankan guna mendorong peningkatan ekonomi daerah dan masyarakat berbasis kekayaan intelektual,” tutur Yasonna.

 

Yasonna mengungkapkan bahwa jajaran Kanwil Kemenkumham Malut patut memperkuat pelaksanaan tuags dan fungsinya dalam mendorong target prioritas pemerintah meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

 

(Humas, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi)

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
PROVINSI MALUKU UTARA
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Cengkeh Afo No.40, Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI MALUKU UTARA


  twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Jl. Cengkeh Afo No.40 , Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Prov. Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI