Lapas Sanana Terima Penilaian Positif dalam Evaluasi Tim dari Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Malut

IMG 20231124 WA0039

Sanana - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sanana, di bawah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku Utara, mendapat sorotan positif dalam moitoring dan evaluasi menyeluruh terhadap masing masing subbagian memiliki tanggung jawab krusial dalam pengelolaan administrasi lapas.

Tim dari Kanwil Kemenkumham Maluku Utara menekankan bahwa proses Monev ini merupakan bagian dari komitmen untuk terus meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan yang diberikan oleh Lapas Sanana kepada masyarakat. Langkah ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai capaian, tantangan, dan peluang yang ada, serta memberikan landasan untuk perbaikan (24/11/2023).

Dalam Monitoring dan Evaluasi kali ini, Tim dari Kantor wilayah yang berjumlah kurang lebih 15 orang dari tiap-tiap Divisi terjun langsung untuk observasi sekaligus monitoring dan evaluasi di Lemabaga Pemasyarakatan (Lapas) Sanana. Diawal Kunjungan, Tim dari kantor wilayah disambut hangat oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Sanana Ardian Alamsyah. 

Setelah pertemuan awal dilaksanakan, Tim dari kanwil langsung melaksanakan monitoring pada masing-masing sub di bagian Admnistrasi yg meliputi, Keuangan dan BMN, Kepegawaian, Humas/Reformasi Birokrasi, serta bagian Pelaporan dan Perencanaan.

Tim kantor wilayah dalam hal ini Sub Bagian Keuangan dan BMN Dalam evaluasi yang dilakukan, fokus utama terletak pada pemantauan Cash Management System (CMS), pelaksanaan e-catalog Kemenkumham, serta pemantauan pertanggungjawaban keuangan pada Triwulan IV. Hasil evaluasi menunjukkan pencapaian yang positif dalam menjaga keteraturan sistem pembayaran serta pengelolaan keuangan yang transparan.

Selain itu tim kantor wilayah dalam sub Bagian Kepegawaian,Tata usaha dan Rumah Tangga mengevaluasi terkait aplikasi E-Arsip, Simpeg, dan pemutakhiran data di Simpeg, serta proses penyerahan Satya Lencana Karya Satya menjadi fokus utama. Ditemukan bahwa pembaruan data dan penggunaan aplikasi berjalan sesuai harapan, memberikan dasar yang kuat untuk pengelolaan data pegawai dengan lebih efisien.

Dilain Ruang Tim kantor wilayah Sub Bagian Humas, Reformasi Birokrasi, dan Teknologi Informasi juga fokuskan Monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan uploud data dukung Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKI) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) pada Triwulan IV mengindikasikan adanya potensi optimalisasi yang perlu ditingkatkan.

Meskipun pelaksanaannya cukup baik, terdapat ruang untuk memperbaiki proses pengunggahan data pendukung untuk LKI dan RKT guna mencapai tingkat optimalitas yang diharapkan.

Tim kantor wilayah dari Sub Bagian Pelaporan dan Perencanaan difokuskan pada Monitoring Kinerja Anggaran Triwulan IV, evaluasi laporan Sakıp, dan monitoring data dukung target kinerja B11.

Hasil evaluasi menunjukkan progres yang baik, namun juga memberikan rekomendasi untuk peningkatan lebih lanjut guna memastikan pencapaian target kinerja.

Evaluasi menyeluruh ini menegaskan komitmen Lapas Sanana dalam memastikan kelancaran operasional melalui pengelolaan administrasi yang baik.

Meskipun sebagian besar sub-bagian telah menunjukkan pencapaian yang memuaskan, terdapat aspek-aspek tertentu yang masih memerlukan peningkatan agar efisiensi dan kualitas pelayanan administratif semakin meningkat. Diharapkan dengan evaluasi yang cermat ini, Lapas Sanana dapat terus memperbaiki kinerja administratifnya untuk memberikan layanan yang lebih baik bagi masyarakat.

Humas, Reformasi Birokrasi, dan Teknologi Informasi

IMG 20231124 WA0033IMG 20231124 WA0033IMG 20231124 WA0033IMG 20231124 WA0033IMG 20231124 WA0033IMG 20231124 WA0033

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
PROVINSI MALUKU UTARA
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Cengkeh Afo No.40, Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI MALUKU UTARA


  twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Jl. Cengkeh Afo No.40 , Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Prov. Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI