Kanwil Kemenkumham Malut Mengikuti Webinar Penguatan Jaringan Data Informasi Hukum (JDIH) Secara Virtual

KEGIATAN 20 11 2023 ZOOM BANKUM 1

 

Ternate – Dalam rangka peningkatan layanan Jaringan Data Informasi Hukum (JDIH) diwilayah kerja Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara melalui Subbid Luhbankum & JDIH Mengikuti Webinar Penguatan JDIH secara virtual. (Senin, 20/11/2023)

 

Bertempat di ruangan Subbidang Luhbankum dan JDIH serta dipimpin langsung oleh ibu kasub Anita Safitri mengikuti Webinar yang diselenggarakan oleh Pusat JDIH melalui Virtual Meeting (Zoom). Webinar Penguatan JDIH dengan Tema Manajemen Teknologi Informasi dalam Pengelolaan JDIH Kepala Pusat JDIHN Bapak Nofli turut memberikan materi tentang perkembangan JDIHN Terkini.

 

Dalam pemaparannya Kapus JDIHN mengatakan bahwa JDIH mempunyai peran sangat penting dalam pemberitahuan informasi hukum kepada masyarakat sehingga perlu Manajemen Teknologi lebih ditingkatkan sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin maju sehingga produk-produk hukum yang dibuat oleh pemerintah bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

 

Selain itu Nofli juga menjelaskan tentang Landasan Hukum JDIH berawal dari Pasal 28 F UUD 1945 sesudah diamandemen yang berbunyi “Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia,” Ujarnya.

 

Beliau juga menambahkan tentang peran penting JDIH sesuai dengan prioritas presiden Jokowi-Ma’ruf yaitu “Segala Bentuk kendala Regulasi harus kita potong, kita pangkas” dalam penutupan pemberian materi nofli mengucapkan terima kasih kepada seluruh Pembina maupun Operator yang hadir dalam Webinar ini beliau juga mengharapkan agar kedepannya pengembangan JDIH baik pusat maupun di daerah lebih mudah dalam menyebarkan regulasi-regulasi yang dibuat oleh pemerintah.

 

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Bapak Dony Harso Selaku Sandiman Ahli Madya pada Direktorat Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Pusat dengan Judul Materi “PENGUATAN PENGELOLAAN JARINGAN DOKUMENTASI DAN INFORMASI HUKUM (JDIH)”. Dan terakhir pemberian materi dari Kominfo bapak Aris Kurniawan memberikan materi dengan Judul “PERAN PUSAT DATA NASIONAL DALAM PENGELOLAAN JDIH”.

 

Kegiatan webinar yang diikuti oleh 450 pengelola JDIH yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia berjalan dengan baik sampai dengan selesai.

 

KEGIATAN 20 11 2023 ZOOM BANKUM 3

 

KEGIATAN 20 11 2023 ZOOM BANKUM 3

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
PROVINSI MALUKU UTARA
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Cengkeh Afo No.40, Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI MALUKU UTARA


  twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Jl. Cengkeh Afo No.40 , Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Prov. Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI