Kanwil Kemenkumham Malut Mendorong Pengawasan Pengungsi Luar Negeri Melalui Koordinasi dengan Kanwil Kemenkumham Sulsel

WhatsApp Image 2023 11 20 at 18.34.24 4

Ternate, 20 November 2023 - Pada hari Senin, 20 November 2023, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara (Kemenkumham Malut) mendorong upaya pendataan pengungsi luar negeri secara akurat melalui koordinasi dan kolaborasi dengan Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Selatan (Kemenkumham Sulsel). Dalam audiensi yang diadakan di Bumi Moloku Kie Raha, Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak, memimpin delegasi yang terdiri dari Kadiv Keimigrasian, Jaya Saputra, pejabat Imigrasi Kanwil Kemenkumham Sulsel, dan perwakilan dari Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar.

Liberti Sitinjak, dalam sambutannya, mengingatkan akan pentingnya pengawasan keimigrasian terhadap pengungsi luar negeri. Ia merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi Luar Negeri, yang telah menetapkan aturan mengenai penanganan pengungsi, termasuk aspek penemuan, penampungan, pengamanan, pelaksanaan pengawasan keimigrasian, dan pendanaan terhadap keberadaan mereka.

WhatsApp Image 2023 11 20 at 18.34.24 2

"Salah satu target kinerja Divisi Keimigrasian adalah peningkatan profesional SDM dalam melakukan pendataan Pengungsi Luar Negeri, pencari suaka, dan final rejected di Wilayah Indonesia," ujar Liberti. Ia menegaskan bahwa keberhasilan klasifikasi Pengungsi Luar Negeri menjadi ukuran kesuksesan, dengan adanya informasi dan data yang akurat tentang Pengungsi Luar Negeri, termasuk deteni, pencari suaka, dan final rejected.

Dalam konteks ini, Liberti menekankan perlunya koordinasi yang lebih intensif terhadap Rudenim Makassar, sebagai institusi yang memegang peran penting dalam pengawasan pengungsi. Liberti menegaskan bahwa atensi yang lebih besar terhadap permasalahan pengungsi harus diarahkan pada Rudenim Makassar. "Jika atensi publik mengarah kepada permasalahan pengungsi, publik akan langsung menuduh imigrasi," tambahnya.

Sebelumnya, Plh Kakanwil Kemenkumham Malut, Hensah, dalam sambutan pembukanya, mengungkapkan harapannya terkait sinergitas dan kolaborasi antara Kanwil Kemenkumham Sulsel dan Malut. Ia berharap koordinasi ini dapat meningkatkan pengawasan keimigrasian terhadap pengungsi luar negeri, terutama di Provinsi Maluku Utara yang berada di bawah pengawasan Rudenim Makassar.

WhatsApp Image 2023 11 20 at 18.34.24

Hensah juga menginginkan peran aktif dari dua kantor imigrasi di Malut, yaitu Kanim Kelas I TPI Ternate dan Kanim Kelas II Non TPI Tobelo, dapat ditingkatkan dalam rangka mendukung upaya pengawasan yang lebih baik.

Turut hadir dalam koordinasi ini, Kadiv Administrasi Kanwil Kemenkumham Malut, Andi Basmal, pejabat pengawas, dan administrator Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Malut, serta perwakilan dari Kanim Ternate dan Kanim Tobelo. Semua pihak sepakat bahwa kerjasama dan koordinasi antara kedua wilayah ini merupakan langkah positif untuk memastikan pengawasan keimigrasian yang efektif dan pemantauan yang cermat terhadap pengungsi luar negeri di wilayah tersebut.

Humas, Reformasi Birokrasi, dan Teknologi Informasi

WhatsApp Image 2023 11 20 at 18.34.24 1

 

WhatsApp Image 2023 11 20 at 18.34.24 1

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
PROVINSI MALUKU UTARA
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Cengkeh Afo No.40, Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI MALUKU UTARA


  twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Jl. Cengkeh Afo No.40 , Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Prov. Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI