Kajian Peraturan Daerah Kota Ternate Nomor 04 Tahun 2014 Menyoroti Dampak Signifikan bagi Masyarakat

KEGIATAN 14 11 2023 1

 

Ternate,- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara (Kanwil Kemenkumham Malut) lakukan Kajian Peraturan Daerah ketiga dilaksanakan oleh Sub. Bidang Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah Bidang Hukum Divisi Pelayanan Hukum Dan HAM Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan HAM Maluku Utara di Aula lantai II Kanwil Kemenkumham Malut dengan mengambil judul yakni Kajian Peraturan Daerah Kota Ternate Nomor 04 tahun 2014 tentang Ketertiban Umum.

 

Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Aisyah Lailiyah, Kepala Bidang Hukum, Sarwedi Siregar, Pejabat Fungsional Tertentu JFT Perancang Per-uu-an, dan Bagian Hukum Setda Kota Ternate.

 

Kajian kali ini membahas hasil analisis Peraturan Daerah dimaksud berupa pengaturan materi muatan dan tehnik pembentukan Peraturan Daerah tersebut dan dari hasil analisa Perancang Perancang Peraturan Perundang-undangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan HAM Maluku Utara, disimpulkan bahwa Peraturan Daerah Kota Ternate Nomor 04 tahun 2014 tentang Ketertiban Umum harus direvisi dengan membentuk Peraturan Daerah baru yang mengatur tentang Ketertiban Umum.

 

Kajian ini untuk melihat efektifitas pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Ternate Nomor 4 tahun 2014 tentang Ketertiban Umum, apakah terdapat diharmoni atau tidak sehingga evaluasi yang dilakukan teerhadap Peraturan Daerah ini dengan menggunakan pedoman yang digunakan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum Dan HAM Republik Indonesia adalah dengan terlebih dahulu menginventarisasi Peraturan perundang-undangan terkait dari atas sampai ke bawah sehingga kita bisa membuat pohon Peraturan Perundang-undangan.

Dan perlu adanya analis hukum untuk melihat apa yang sudah direncanakan dan dilaksanakan dari Peraturan Daerah Kota Ternate Nomor 4 tahun 2014 tentang Ketertiban Umum, misalnya tentang tertib sampah, tertib Kesehatan, tertib jalan, tertib sungai dan lain-lain.

 

KEGIATAN 14 11 2023 2

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
PROVINSI MALUKU UTARA
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Cengkeh Afo No.40, Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI MALUKU UTARA


  twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Jl. Cengkeh Afo No.40 , Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Prov. Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI