Efektivitas Penerapan Manajemen Risiko Berdampak pada Capaian Strategis Kemenkumham Malut

KEGIATAN 06 03 2024 MR 1

 

Ternate – Auditor Madya pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Maluku Utara, Rohman Sunarya menyampaikan bahwa efektivitas penerapan manajemen risiko akan berdampak pada capaian kinerja strategis jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku Utara (Malut).

 

 

Rohman menyampaikan hal tersebut saat memberikan materi pada Sosialisasi Penerapan Manajemen Risiko di lingkungan Kanwil Kemenkumham Malut yang dihadiri para Pejabat/Pegawai dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi, bertempat di aula Gamalama, Rabu (06/03/2024).

 

 

Penerapan manajemen risiko di lingkungan Kanwil Kemenkumham Malut, ungkapnya, telah menunjukan peningkatan kualitas. Hal ini menjadi penting, dikarenakan Manajemen Risiko Indeks (MRI) merupakan bagian terintegrasi dengan penilaian mandiri maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

 

 

“Manajemen risiko adalah proses proaktif dan berkesinambungan yang dijalankan untuk mengelola risiko dan potensinya,” ungkap Rohman.

 

 

Komitmen pimpinan terhadap kebijakan, proses, dan rencana tindakan, tambah Rohman merupakan unsur penting. Selain itu, kesadaran setiap pejabat dan/atau pegawai di lingkungan kerja terhadap prinsip-prinsip manajemen risiko turut berpengaruh.

 

 

“Saya lihat, saat ini pada Lapas/Rutan dan Kantor Imigrasi pelayanannya semakin baik. Ini menunjukan bahwa manajemen risiko berjalan optimal. Terutama dalam membangun zona integritas saat ini,” ujarnya.

 

 

Para peserta tampak antusias mengikuti Sosialisasi Manajemen Risiko melalui beragam pertanyaan pada sesi diskusi dan tanya jawab. Terutama terkait implementasi manajemen risiko di tingkat UPT.

 

 

Selanjutnya, kegiatan pendampingan dari Tim Kanwil Kemenkumham Malut mengarah pada penempatan risiko integritas pada dokumen manajemen risiko.

 

 

Integritas merupakan bagian penting dalam manajemen risiko sebagai bentuk komitmen dalam pembangunan zona integritas di lingkungan Kanwil Kemenkumham Malut.

 

 

(Humas, Reformasi Birokrasi, dan Teknologi Informasi)

 

KEGIATAN 06 03 2024 MR 5

 

KEGIATAN 06 03 2024 MR 5

 

KEGIATAN 06 03 2024 MR 5

 

KEGIATAN 06 03 2024 MR 5

 

 

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
PROVINSI MALUKU UTARA
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Cengkeh Afo No.40, Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI MALUKU UTARA


  twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Jl. Cengkeh Afo No.40 , Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Prov. Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI