Ternate, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Maluku Utara (Kanwil Kemenkumham Malut) dalam upaya peningkatan Akuntabilitas, peningkatan pelayanan publik serta peberantas Anti Korupsi melaksanakan kegiatan Rapat SIPKUMHAM, Sistem Informasi Penelitian Hukum dan Hak Asasi Manusia, bertempat di ruang Aula Gamalama. Selasa (26/09/2023).
Kegiatan dihadiri oleh operator aplikasi SIPKUMHAM Unit Pelaksana Teknis (UPT), JFT/JFU pada bidang HAM, kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang HAM, Burhani Hadad, dalam pembukaannya beliau menyampaikan salah satu langkah awal mendukung program pemerintah untuk melakukan peningkatan terhadap sistem penyelenggaraan organisasi Kementerin Hukum dan HAM yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional dalam mewujudkan good goverment dan clean government menuju aparatur yang bersih dan bebas dari Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN), meningkatnya pelayanan prima serta meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja.
SIPKUMHAM adalah untuk mendukung pembuatan kebijakan di wilayah serta untuk kepentingan pemberian informasi kepada publik, kajian ini diambil berdasarkan data dan informasi yang ada pada Aplikasi SIPKUMHAM;
Dalam implementasinya, BSK seringkali membutuhkan adanya basis data dan informasi yang memadai, reliabel, dan relevan mengenai permasalahan hukum dan HAM serta pelayanan publik yang ada atau dirasakan oleh masyarakat.
Basis data yang dimaksud diperlukan untuk memastikan adanya pembentukan kebijakan bidang hukum dan HAM serta pelayanan publik yang berbasis bukti (evidence-based policy making)
Kegiatan dilanjut dengan pemberian materi oleh Narasumber dari Universitas khairun Ternate, Dr. Amriyanto, SH.,MH.
(Humas, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi).