Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas)

PENJELASAN UMUM

Aplikasi Sistem Informasi Yankomas HAM (SIMASHAM) merupakan salah satu aplikasi berbasis jaringan internet yang dapat digunakan untuk menyampaikan komunikasi oleh masyarakat, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Dalam aplikasi ini, Penyampai Komunikasi juga dapat secara online memperoleh informasi mengenai kemajuan dalam penanganan permasalahan HAM yang dikomunikasikannya. Hal ini tentu saja akan menghemat waktu dan biaya bagi Penyampai Komunikasi.

Aplikasi ini bertujuan agar seluruh masyarakat dimanapun berada yang merasa terlanggar haknya dapat mengadukan permasalahan hak asasi manusianya selama dirinya dapat terhubung dengan jaringan internet.

Selain melalui Aplikasi SIMASHAM, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia juga menerima pengaduan permasalahan hak asasi manusia melalui kanal lainnya, seperti surat, faksimili, maupun audiensi langsung.

Selengkapnya kunjungi https://simasham.kemenkumham.go.id/

PROSEDUR PELAYANAN KOMUNIKASI MASYARAKAT

PELAYANAN YANKOMAS DI KANTOR WILAYAH

KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM MALUKU UTARA

  1. MENERIMA, MEMERIKSA, DAN MENELAAH  SUATU PENGADUAN YANG TEMPAT KEJADIAN NYA BERADA DI DALAM YURIDIKSI KEWENANGAN KANWIL TERSEBUT.
  2. MENGOTOMASI PENYAMPAIAN KOMUNIKASI YANG LANGSUNG DITERIMA KANWIL KEMENKUMHAM, BAIK MELALUI SURAT, AUDENSI, ATAU PENYAMPAIAN KOMUNIKASI YANG LANGSUNG DATANG, DENGAN CARA MENGINPUT PENGADUAN DAN DATA DUKUNG APLIKASI.
  3. MEMUTUSKAN APAKAH SUATU   PENGADUAN MERUPAKAN PERMASALAHAN HAM ATAU BUKAN BERDASARKAN TELAAHAN YANG SUDAH DIBUAT, DAN MENYAMPAIKAN    KEPADA PENYAMPAIAN KOMUNIKASI DENGAN MEMBUAT SURAT PEMBERITAHUAN.
  4. MENGIRIMKAN SURAT REKOMENDASI KEPADA INSTANSI TERKAIT DI DAERAHNYA DALAM RANGKA MENDORONG PENYELESAIAN MASALAH HAM, DAN MENYAMPAIKAN KEPADA PENYAMPAI   KOMUNIKASI DENGAN MEMBUAT SURAT PEMBERITAHUAN.
  5. MELAKUKAN KOORDINASI DAN KONSULTASI DENGAN INSTANSI TERKAIT, APABILA SURAT REKOMENDASI TIDAK MENDAPATKAN TANGGAPAN DARI INSTANSI TERSEBUT, DAN MENYAMPAIKAN KEPADA PENYAMPAI KOMUNIKASI DENGAN MEBUAT SURAT PEMBERITAHUAN.
  6. MENGIRIMKAN SURAT REKOMENDASI KEPADA GUBERNUR APABILA SETELAH DILAKUKAN KOORDINASI DAN KONSULTASI DENGAN INSTANSI TERKAIT JUGA TIDAK MENDAPATKAN TANGGAPAN DAN MENYAMPAIKAN KEPADA PENYAMPAI KOMUNIKASI.
  7. MENYAMPAIKAN PEMBERITAHUAN KEPADA DIREKTORAT JENDRAL HAM UNTUK MENDORONG INSTANSI TERKAIT DAN ATASAN INSTANSI  TERKAIT DI PUSAT AGAR MENYELESAIKAN PERMASALAHAN HAM, DAN MENYAMPAIKAN KEPADA PENYAMPAI KOMUNIKASI DENGAN MEMBUAT SURAT PEMBERITAHUAN.
  8. MENGEVALUASI PENANGANAN PERMASALAHAN HAM DI DAERAH NYA.

PROSEDUR YANKOMAS

PROSEDUR MELALUI APLIKASI

BIAYA YANKOMAS

 

Tab

Cetak