Sosialisasi Simpeg New 015

Ternate – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dalam medio terakhir selalu mencoba membuat inovasi-inovasi baru terkait teknologi informasi. Hal ini tak lain dikarenakan perkembangan teknologi dunia yang begitu pesat. Dengan berkembangnya teknologi yang begitu pesat maka instansi pemerintah pun mencoba memperbaiki diri dengan menyesuaikan perkembangan teknologi yang ada saat ini guna mempermudah pelaksanaan tugas dan fungsi sehari-hari. Hal ini juga tak lepas dari diundangkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN) berlaku, kinerja seluruh ASN (dulu dikenal Pegawai Negeri Sipil, PNS) dituntut lebih ditingkatkan dalam memberikan pelayanan. Pelayanan kepada masyarakat dibuat lebih sederhana, murah, dan mudah diakses. Selain orientasi pelayanan, UU ASN mewajibkan setiap individu ASN meningkatkan profesionalisme yang menghasilkan output kinerja berkualitas. Menuju profesionalisme yang tinggi dibutuhkan suatu sistem yang dapat memantau, membina, dan mengevaluasi kinerja para ASN.

Pada hari Kamis, (06/10/16) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Maluku Utara mendapat kunjungan dari Tim Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI terdiri dari Kasub. Bag Mutasi Jabatan Fungsional II Bapak Sugeng Winarto, Dadang Kurniawan dan Terbit Karo Karo. Hal ini dilakukan guna mensosialisasikan aplikasi New Simpeg (Sistem Kepegawaian Baru). Jika aplikasi Simpeg lama lebih menitikberatkan pada System Informasi Administrasi Pegawai dan Digitalisasi Arsip Pegawai. Pada Aplikasi Simpeg lama hanya operator kepegawaian yang dapat membuka namun untuk Simpeg New 015 terdapat empat jenis user, yakni Eksekutif (Menkumham dan Sekjen), Super Admin, Pengelola, dan Pegawai.

Fitur Simpeg New 015 juga sangat kompleks. Seperti yang diungkapkan oleh Kasub.bag Mutasi Jabatan Bapak Sugeng Winarto beserta rombongan bahwa fitur Simpeg New 015 yakni terdiri dari Peta Pegawai, Administrasi Jabatan, Kompetensi, Absensi, Kinerja, Disiplin, Profil, Dossier, Informasi Jabatan, Izin/ DL, Cuti, Interaksi Pegawai, Informasi Pensiun. Informasi Kepangkatan, Penghargaan, DRH, DRP, KGB, Layanan Konsultasi, Tunjangan Kinerja, laporan, dan Statistik.

Kegiatan ini diikuti oleh semua operator kepegawaian dari masing-masing Unit Pelaksana Teknis (UPT) baik Pemasyarakatan maupun Imigrasi se-Maluku Utara. (Humas)