Sosialisasi Kekayaan Intelektual di SMKN 4 Ternate

Ternate – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Maluku Utara melalui Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Bidang Pelayanan Hukum telah menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Kekayaan Intelektual pada SMK Negeri 4 Kota Ternate yang terletak di Kelurahan Kastela.

Kepala Kantor Wilayah Bapak Samuel Purba, SH., M.Hum didampingi oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM ibu Hajerati SH., MH serta Kabid Pelayanan Hukuim dan HAM Bapak Wagirin SH., MH beserta rombongan disambut baik oleh Kepala Sekolah SMKN 4 Kota Ternate Serta para guru setempat.

Mengutip sambutan yang disampaikan oleh Kakanwil  bahwa semua hasil kekayaan intelektual baik Merek, Cipta maupun Paten harus didaftarkan di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi hasil karya kita dari tangan-tangan orang yang tidak bertanggungjawab seperti duplikasi ciptaan atau mengatasnamakan hasil ciptaan kita. Selain itu, hasil karya yang telah kita ciptakan dan telah didaftarkan tersebut bisa jadi memiliki nilai ekonomi yang mungkin bermanfaat baik untuk diri kita sendiri maupun orang lain.

Apabila hasil cipta maupun paten yang telah kita daftarkan tersebut dipakai oleh orang lain, maka kita akan mendapatkan value dari pemakaian hasil ciptaan kita tersebut. Untuk itu Kakanwil berharap kepada adik-adik pelajar SMKN 4 Ternate sebagai generasi penerus bangsa apabila mampu menciptakan hasil karya Kekayaan Intelektual agar mendaftarkannya pada Direktoral Jenderal Kekayaan Intelektual untuk melindungi hasil karyanya. (Teks: Ant / Dok: Ant / Ed: MMM)