SERAH TERIMA JABATAN KEPALA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM MALUKU UTARA

TERNATE –Suasana khidmat, itulah yang tampak dalam acara Serah Terima Jabatan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Maluku Utara yang dilaksanakan pada hari Rabu, 8 Mei 2013 bertempat di Bella International Hotel Ternate. Acara Serah Terima Jabatan Kepala Kantor Wilayah dari Bapak Molyanto, Bc.IP, S.H selaku Pelaksana Tugas Harian kepada Pejabat Baru Bapak Drs. Chairul Bahri, M.M. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Muspida di Lingkungan Provinsi Maluku Utara, serta Instansi Vertikal yang ada di Maluku Utara juga pejabat Eselon II, Eselon III, Eselon IV serta Kepala Unit Pelaksana Teknis di Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Maluku Utara.

Hadir sebagai saksi sekaligus mewakili Menteri Hukum dan HAM RI dalam acara tersebut adalah Staf Ahli Bidang Pelanggaran Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yakni Bapak Bambang Krisbanu. Ada lima point penting yang disampaikan oleh beliau yakni pada tanggal 19 April 2013, Ibu Evy Syamsudin secara resmi mencanangkan Gerakan Bersih, Sehat, Ramah Lingkungan, Rapi dan Indah (BerSeRRI) di Kementerian Hukum dan HAM. Beliau mengajak kepada setiap komponen untuk bersatu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat pada setiap tingkatan. Kedua Maluku Utara adalah wilayah yang terdiri dari gugus pulau sehingga sangat rentan dengan kemungkinan gangguan keamanan seperti masuknya imigran gelap serta peredaran narkoba. Untuk itu perlu adanya peningkatan kerjasama antara keimigrasian dengan pihak terkait seperti Pemda, POLDA, KOREM dan BAKORKAMLA. Ketiga, terkait isu-isu masalah keadilan, pelanggaran HAM serta isu yang bersifat provokatif tidak mustahil berpengaruh terhadap situasi keamanan Lapas dan Rutan, penanganan bimbingan klien BAPAS serta Pengelolaan Benda Sitaan dan Rampasan Negara sehingga membutuhkan pengawasan dan analisa yang detil dalam menyelesaikan masalah. Keempat, peningkatan pelayanan dan pembinaan Narapidana agar setelah mereka kembali ke masyarakat benar-benar dapat menempatkan diri sebagai anggota masyarakat yang baik, mandiri tanpa harus melanggar hukum lagi. Pesan beliau yang terakhir adalah sebagian tugas besar kita adalah melayanai masyarakat. Untuk itu kita harus mampu menciptakan pelayanan prima, bersih tanpa harus diwarnai suap maupun pungli agar kanwil Kemenkumham Maluku Utara mendapat tempat yang baik dan diterima oleh masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara KH. Abd. Gani Kasuba, L.c dan berkesempatan memberikan sambutan.

Setelah Acara Serah Terima Jabatan selesai, Kepala Kantor Wilayah yang baru langsung menuju ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara untuk melaksanakan rapat koordinasi dengan Ka. UPT.

                

                

                

 

 Humas Kanwil Malut

BANNER SELEKSI DITJENPAS kanwil