BIMTEK DAN SOSIALISASI PERAWATAN DAN KESEHATAN NARAPIDANA/TAHANAN KANWIL KEMENKUMHAM MALUKU UTARA

Bimtek Kesehatan 1             Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Maluku Utara pada hari Selasa tanggal 27-28 Maret 2012 telah melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Bidang Perawatan dan Kesehatan Narapidana/Tahanan, yang dilaksanakan di Hotel Bukit Pelangi Kota Ternate. Kepala Kantor Wilayah Bapak Hi. Dafri Djen, SH yang sedianya membuka acara tersebut tetapi tidak berkenan hadir dikarenakan ada urusan dinas sehingga kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Maluku Utara Bapak Drs. Gunarso, Bc.IP.

          Dalam sambutannya, Kepala Divisi Pemasyarakatan mengatakan bahwa permasalahan kesehatan pada dasarnya merupakan permasalahan seluruh masyarakat, termasuk di dalamnya masyarakat yang berada dalam lingkungan khusus  seperti narapidana/ tahanan,  kondisi kesehatan yang tidak prima  akan berpengaruh terhadap perilaku dan produktifitas seseorang. Narapidana dan tahanan adalah anggota masyarakat yang mempunyai hak yang sama sebagaimana  anggota masyarakat  lainnya untuk mendapatkan derajat kesehatan yang optimal , baik kesehatan fisik maupun mental  kejiwaan.  Hal tersebut  juga dijelaskan dalam  uu nomor 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan   pasal 14 mengenai hak-hak  yang harus dipenuhi termasuk  hak memperoleh layanan kesehatan.

              Untuk itu menjadi kewajiban kita semua untuk mengupayakan dan memberikan pelayanan kesehatan pada narapidana/tahanan.  Dengan bimtek dan sosialisasi kesehatan dan perawatan ini diharapkan para peserta dapat memperoleh peningkatan pengetahuan dan ketrampilan sehingga dalam pemberian pelayanan kesehatan kepada narapidana / tahanan dapat lebih meningkat pula. Penanganan kesehatan lingkungan dan pelayanan kesehatan di lapas/rutan perlu dilaksanakan dengan terencana dan terarah sehingga penanganan dapat dilaksanakan secara efektif dan dapat  meningkatkan derajat  kesehatan narapidanan / tahanan di tempat tugas masing-masing.

             Kegiatan Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Perawatan Kesehatan Narapidana/Tahanan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari tersebut mengusung tema “Melalui Bimtek dan Sosialisasi di Bidang Kesehatan Perawatan Kita Tingkatkan Layanan dan Derajat Kesehatan Narapidana dan Tahanan”. Adapun peserta kegiatan dimaksud adalah para pegawai di Jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Maluku Utara yang berjumlah 25 orang dengan pemateri sebanyak 4 (empat) orang yakni Drs. Gunarso, Bc.IP dengan materi “Pelayanan Kesehatan Berdasarkan SMR”, dr. Wirda Albar dengan materi “Pengenalan Jenis-jenis Penyakit seperti Infeksi Menular Seksual (IMS), HIV AIDS, TB Paru dan Hepatitis”. Pemateri selanjutnya adalah Ardianti A. Dero, S.Kep menyampaikan materi “Manajemen Proses Keperawatan” serta pemateri terakhir dari Dinas Kesehatan Kota Ternate yaitu “Mutia M. Taher, S.Kep dengan materi “Perilaku Hidup Bersih, Sanitasi Lingkungan dan Pengelolaan Makanan”.

alt  alt

alt

alt