Guna Meningkatkan Skill Para Petugas Lapas Rutan, Kanwil Kemenkumham Malut Menyelenggarakan Diseminasi Keamanan Dan Pembinaan

Ternate – Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Maluku Utara telah menyelenggarakan kegiatan Diseminasi Keamanan dan Pembinaan bagi para petugas pemasyarakatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Wilayah pada hari Jum’at – Sabtu, 12 - 13 Juni 2015. Kegiatan itu sendiri dihadiri oleh para Pejabat Eselon II, Eselon III serta para Kepala Unit Pelaksana Teknis baik pemasyarakatan maupun Imigrasi.

Kakanwil Drs. Agus Rawan, SH., MM., M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa “Selalu saja ada ide kreatif dari para tahanan maupun narapidana yang ada di Lapas maupun di Rutan untuk mencoba mengelabui para petugas keamanan/sipir, baik berupa cara memasukkan barang terlarang  kedalam lapas/ rutan, atau upaya mengelabui petugas keamanan untuk mencoba kabur dari tahanan.” Untuk itu kegiatan diseminasi kemanan dan pembinaan ini sangat penting untuk diikuti dan disimak guna meningkatkan skill atau kemampuan para petugas keamanan yang ada di lembaga pemasyarakatan maupun di Rutan.

Selain fokus pada peningkatan keamanan dan ketertiban, kegiatan ini juga berguna bagi para petugas dalam membina warga binaan pemasyarakatan (WBP). Konsep pemenjaraan bagi para tahanan dan narapidana telah ditinggalkan sejak tahun 1966, hal ini dikarenakan konsep pemenjaraan hanya bertujuan memberikan efek jera bagi para tahanan maupun narapidana. Konsep ini dianggap jauh dari nilai-nilai ham dan perikemanusiaan. Untuk itu, konsep pemenjaraan kita tinggalkan jauh-jauh dan saat ini fokus pada bagaimana membina WBP agar setelah selesai masa pidana mereka sudah tidak akan kembali pada jalan yang salah atau mengulangi kesalahan lagi serta telah memiliki keahlian yang dapat digunakan kelak diluar balik jeruji. (Teks: Ant/ Dok: Ant/ Ed: MMM)